Monday, April 10, 2023

SAYA SUDAH MENGGUNAKAN OBAT HIPERTENSI, TAPI MENGAPA TEKANAN DARAH SAYA TAK KUNJUNG TERKONTROL ?

Oleh : apt. Ilman Silanas, M.Kes., M.Farm.Klin

Pertanyaan itu sering diajukan oleh pasien hipertensi yang belum juga mendapat hasil positif dari terapi yang dijalani. Sebuah analisis dari sampel NHANES 2003-2010 yang fokus pada karakteristik orang dengan hipertensi tidak terkontrol menunjukkan bahwa 39,4% subjek tidak menyadari hipertensi mereka, 15,8% menyadari tetapi saat ini tidak menggunakan obat, dan hanya 44,8% menyadari dan sedang menjalani pengobatan.¹ Data tersebut menunjukan ada 44,8% pasien yang menjalani pengobatan tapi hipertensi nya belum juga terkontrol.


Tenaga kesehatan dan juga pasien perlu mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan kegagalan pengobatan (medication failure) pada terapi hipertensi. Berikut adalah beberapa faktor-faktor tersebut :

1. Pasien tidak mengikuti jadwal pengobatan yang diresepkan: Untuk mengontrol tekanan darah, sangat penting untuk mengikuti jadwal pengobatan yang diresepkan. Jika seseorang melewatkan dosis obat atau tidak mengambil obat secara teratur, itu dapat mengurangi efektivitas obat dan bahkan memperburuk kondisi hipertensi.

2. Gaya hidup tidak sehat: Faktor gaya hidup, seperti makanan yang tidak sehat, kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan stres, dapat memainkan peran besar dalam pengembangan atau pengendalian hipertensi. Hal ini dapat memengaruhi efektivitas pengobatan dan bahkan memperburuk kondisinya.

3. Interaksi obat: Interaksi obat dapat terjadi saat dua atau lebih obat dikonsumsi bersamaan, atau saat obat dikonsumsi bersamaan dengan makanan tertentu. Berikut adalah  interaksi antara obat antihipertensi dengan obat dan makanan lain yang dapat mempengaruhi efektivitas pengobatan antihipertensi:

a. Obat antihipertensi dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) - Misalnya, ketoprofen dapat mengurangi efek antihipertensi obat-obatan seperti ACE inhibitor dan diuretik, sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.²

b. Obat antihipertensi dengan obat antibiotik - Eritromisin akan meningkatkan efek amlodipin dengan mempengaruhi enzim CYP3A4. Penggunakan kedua obat ini perlu dilakukan pengawasan.³

c.  Obat antihipertensi dengan alkohol - Alkohol dapat meningkatkan efek penurunan tekanan darah obat antihipertensi dan memicu gejala hipotensi seperti pusing dan kebingungan. Obat golongan ACEI tidak akan bekerja efektif bila digunakan bersamaan dengan konsumsi alkohol.⁴

d. Obat antihipertensi dengan makanan yang tinggi kalium - Makanan yang kaya kalium seperti pisang, kentang, dan jeruk dapat mengurangi efektivitas diuretik yang sering digunakan dalam pengobatan hipertensi.

4. Pengobatan tidak sesuai: Terkadang dokter meresepkan obat yang tidak sesuai dengan kondisi pasien hipertensi. Hal ini dapat mempengaruhi efektivitas pengobatan. Penting untuk melakukan tes darah dan pemeriksaan tekanan darah secara teratur untuk memantau efektivitas pengobatan dan menyesuaikan dosis jika diperlukan.


Efektivitas pengobatan hipertensi sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kepatuhan dalam jadwal pengobatan, gaya hidup sehat, interaksi obat, dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker tentang faktor-faktor yang mungkin memengaruhi efektivitas pengobatan hipertensi untuk memastikan bahwa kondisi pasien dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Pustaka :
1. Choudhry NK, Kronish IM, Vongpatanasin W, Ferdinand KC, Pavlik VN, Egan BM, Schoenthaler A, Houston Miller N, Hyman DJ; American Heart Association Council on Hypertension; Council on Cardiovascular and Stroke Nursing; and Council on Clinical Cardiology. Medication Adherence and Blood Pressure Control: A Scientific Statement From the American Heart Association. Hypertension. 2022 Jan;79(1):e1-e14. doi: 10.1161/HYP.0000000000000203. Epub 2021 Oct 7. PMID: 34615363.

2. Bulsara KG, Cassagnol M. Amlodipine. [Updated 2023 Jan 22]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan-.

3. Fournier JP, Sommet A, Bourrel R, Oustric S, Pathak A, Lapeyre-Mestre M, Montastruc JL. Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) and hypertension treatment intensification: a population-based cohort study. Eur J Clin Pharmacol. 2012 Nov;68(11):1533-40. doi: 10.1007/s00228-012-1283-9. Epub 2012 Apr 15. PMID: 22527348.

4. Peng SJ, Jin YT, Li D, Huang AQ. [Influence of alcohol consumption on effectiveness of antihypertensive in male patients with essential hypertension]. Wei Sheng Yan Jiu. 2005 Nov;34(6):698-700. Chinese. PMID: 16535839.

No comments:

Post a Comment