Tuesday, July 3, 2018

Hari #3 Ramadhan 1439 MENOLONG ORANG ZALIM


Islam adalah agama rahmat. Ajaran ajaran nya adalah keberkahan bagi kehidupan manusia. Siapa pun yang bertakwa maka ia akan mendapatkan kasih sayang Allah SWT. Kebahagiaan dunia akhirat pasti akan tercapai.

Manusia selalu menghadapi fenomena kezaliman. Perampasan hak, penganiayaan, dan pembunuhan. Kezaliman bisa dilakukan oleh siapa pun, rakyat atau penguasa, kaya atau miskin, tua atau muda. Ada hal yang menarik dalam ajaran Islam, bahwa tidak hanya orang yang dizalimi yang wajib di tolong, tapi orang zalim pun wajib ditolong. Ada sebuah hadits yang menarik :

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

انْصُرْ أَخَاكَ ظَالِمًا أَوْ مَظْلُومًا

“Tolonglah saudaramu yang berbuat zalim dan yang dizalimi.”


فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنْصُرُهُ إِذَا كَانَ مَظْلُومًا ، أَفَرَأَيْتَ إِذَا كَانَ ظَالِمًا كَيْفَ أَنْصُرُهُ قَالَ « تَحْجُزُهُ أَوْ تَمْنَعُهُ مِنَ الظُّلْمِ ، فَإِنَّ ذَلِكَ نَصْرُهُ »

Kemudian ada seseorang bertanya tentang bagaimana cara menolong orang yang berbuat zalim?

Beliau menjawab, “Kamu cegah dia dari berbuat zalim, maka sesungguhnya engkau telah menolongnya.” (HR. Bukhari, no. 6952; Muslim, no. 2584)

Salah satu sisi dakwah adalah mencegah kemungkaran, banyak orang zalim yang tidak sadar, bahwa dicegah nya ia untuk berbuat zalim adalah dalam rangka menolong nya dari jilatan api neraka. Dakwah adalah bahasa kasih sayang. Cinta pada tiap manusia agar tetap lurus pada jalan agama.

Jadi, mari kita menjadi muslim yang terdorong untuk membantu orang yang dizalimi dan berani untuk menolong orang yang zalim, walaupun mereka pasti tidak menyukai nya.


No comments:

Post a Comment