Tuesday, July 5, 2016

TEMPAT TERBAIK UNTUK MATI

Saudara ku yang mulia. Kita sama sekali tidak mengetahui apa yang akan menimpa kita esok hari. Hal tersebut adalah hal yang Allâh rahasiakan.

Allâh berfirman :

وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS: Luqman: 34)

Qatadah mengatakan bahwa ada beberapa perkara yang hanya diketahui oleh Allah saja. Dia tidak memperlihatkannya, baik kepada seorang malaikat yang terdekat ataupun kepada seorang nabi yang diutus. Salah satu perkara itu adalah waktu dan tempat kematian manusia, barangkali besok  akan mati, dan barangkali besok  tertimpa musibah. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. (Luqman: 34) Yakni tiada seorang pun yang mengetahui di mana ia akan mati, di bumi ataukah di laut, di hutan, di lembah, ataukah di bukit.


Tempat kematian adalah  bagian dari rahasia Allah. Tidak ada satu pun yang mengetahui secara pasti  dimana ajal akan datang. Akan tetapi Rasulullah telah mengabarkan tanda-tanda satu tempat yang akan menjadi tempat datang nya ajal bagi seseorang.

Abdullah ibnu Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Daud Al-Hafri, dari Sufyan, dari Abu Ishaq, dari Matar ibnu Akamis yang telah menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Apabila Allah telah menetapkan kematian seseorang hamba di suatu negeri, maka Dia menjadikan baginya di negeri itu suatu keperluan (yang menggerakkannya ke negeri itu).
Hadits lain dari Imam Tabrani mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Ibrahim, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Ma'mar, dari Ayyub, dari Abul Malih, dari Usamah, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:Tidaklah Allah menjadikan kematian seseorang hamba di suatu negeri, melainkan Dia menjadikan suatu keperluan baginya di negeri itu.

Tempat yang akan kita datangi bisa jadi adalah tempat terakhir kita hidup di dunia. Maka, kemana pun tempat tujuan kita, pastikan bahwa tempat itu adalah tempat dimana amal shalih disemai.
Apakah kita tahu bahwa salah satu tempat terbaik untuk mati adalah majelis ilmu? Hal tersebut didasarkan pada hadits berikut :

Rasulullah sallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  'Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya. Tidaklah sekelompok orang berkumpul di suatu masjid (rumah Allah) untuk membaca Al Qur'an, melainkan mereka akan diliputi ketenangan, rahmat, dan dikelilingi para malaikat, serta Allah akan menyebut-nyebut mereka pada malaikat-malaikat yang berada di sisi-Nya. Barang siapa yang ketinggalan amalnya, maka nasabnya tidak juga meninggikannya.' (Riwayat Muslim)

Maka datangilah majelis-majelis ilmu. Jangan sia-siakan waktu kita untuk mengunjungi tempat-tempat tak berfaedah. Selalu sibukkan diri kita dengan amal shalih, sehingga seluruh keperluan kita adalah keperluan ibadah.

1 Syawal 1437 Hijriah
Saudara mu Ilman Silanas

No comments:

Post a Comment