Tuesday, July 5, 2016

PENYESALAN ORANG SHOLIH

Saudaraku, kematian adalah kepastian, hakekat kematian adalah berpindah nya periode kehidupan manusia. Bila selama hidup di dunia kita bisa menambah dan mengurangi pahala atau  dosa atas kehendak diri kita sendiri,  tapi saat kematian datang maka upaya tersebut telah hilang.

The real journey begin. Hendaklah kita mewaspadai kematian ini karena siapa pun yang meninggal akan menyesal. Orang baik akan menyesal dan orang jahat pun akan menyesal. Rasulullah Saw telah mengabarkan dalam hadits berikut :

مَا مِنْ أَحَدٍ يَمُوتُ إِلَّا نَدِمَ قَالُوا وَمَا نَدَامَتُهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِنْ كَانَ مُحْسِنًا نَدِمَ أَنْ لَا يَكُونَ ازْدَادَ وَإِنْ كَانَ مُسِيئًا نَدِمَ أَنْ لَا يَكُونَ نَزَعَ
"Tidak ada seorangpun yang meninggal dunia kecuali dia merasa menyesal, " para sahabat bertanya: Apa penyesalannya wahai Rasulullah? beliau menjawab: "Jika orang baik dia menyesal kenapa tidak menambah (kebaikannya) dan jika orang jahat dia menyesal kenapa tidak melepaskannya (kejahatannya)."  (Riwayat Tirmidzi)

Saudara ku yang Shalih dan Shalihah, jangan ada sedikit pun kita merasa puas akan amal yang telah kita lakukan. Teruslah tambah kebaikan semaksimal mungkin yang bisa kita lakukan. Karena Syurga hanya akan didapat oleh orang yang bersungguh sungguh dalam kebaikan.
(وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَىٰ لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَٰئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا)


Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (QS. Al-Isra' : 19)

Saudara mu Ilman Silanas

No comments:

Post a Comment