Tuesday, July 26, 2016

SIAPAKAH YANG DAPAT MENGAMBIL PELAJARAN?

Saudara ku, dari sekian  banyak manusia yang mendengar peringatan yang disampaikan Allah dan Rasul Nya tidak semua dari mereka yang beriman, malah banyak dari mereka yang inkar.

Dari sekian banyak orang yang menghadiri majelis ilmu tidak semua  dari mereka yang dapat melaksanakan apa yang telah dipahami. Apa yang menyebabkan hal ini? Allah Swt telah menjelaskan  dalam firman Nya.

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَعِبْرَةً لِمَنْ يَخْشَىٰ

Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (QS. An Nazi'at : 26)


Kuncinya adalah RASA TAKUT pada Allah Swt. Inilah kunci penting dalam menuntut ilmu. Banyak dari kita menyukai hadir dalam majelis ilmu karena penceramah nya suka bercanda dan menghibur sehingga kita dapat tertawa alhasil yang diingat hanya cerita humor nya saja, lupa akan ilmu nya.

Simaklah kisah sahabat Nabi saw yang sangat ketakutan bila mendengar kabar tentang neraka, walaupun mereka hanya mendengar satu ayat saja.

Sa’ad bin Ibrahim mengkisahkan “ Pada suatu ketika seseorang mengantarkan makan malam Abdurrahman bin Auf yang mana siangnya dia berpuasa. Saat dia membaca QS Muzzamil 12-13..” Sungguh, disisi kami ada belenggu-belenggu (yang berat) dan neraka yang menyala-nyala, dan (ada) makanan yang menyumbat di kerongkongan dan azab yang pedih…”  Maka Abdurrahman menangis terus dan terus menangis sampai makanannya di bawa masuk lagi.

Hafsh Bin Humaid meriwatkan dari Syamar bin Athiyyah, bahwa apabila Umar bin Khattab membaca ayat  QS Maryam : 71  “ Dan tidak seorangpun dari kalian yang tidak melewatinya (neraka)..”

Maka Umar menangis dan berkata,’ Wahai Rabbku, aku termasuk yang engkau selamatkan atau yang engkau  biarkan di dalamnya dalam keadaan berlutut?”

Maka takut lah pada Allah Swt karena sesungguhnya siksa Allah sangatlah pedih.

Saudara mu Ilman Silanas

No comments:

Post a Comment