Monday, April 10, 2023

HAL-HAL PENTING TENTANG CAMPAK

Oleh : apt. Ilman Silanas, M.Kes., M.Farm.Klin

Sebagai Apoteker Ahli Farmasi Klinik saya akan menyampaikan hal hal yang masyarakat harus ketahui tentang penyakit campak:

1. Sejarah campak: Penyakit campak pertama kali dilaporkan pada tahun 900 M. Penyakit ini menyebar dengan cepat di seluruh dunia dan menjadi masalah kesehatan global hingga saat ini. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaporkan ada sebanyak 3.341 kasus campak oleh 223 kabupaten/kota di 31 provinsi selama tahun 2022
2. Penyebab campak: Penyebab utama campak adalah infeksi virus dari famili Paramyxovirus yang menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.
3. Tanda gejala campak: Tanda gejala campak meliputi demam, batuk, pilek, mata merah, dan ruam kulit.
4. Pengobatan campak: Tidak ada pengobatan khusus untuk campak, tetapi gejala dapat diobati dengan obat penurun demam dan penghilang rasa sakit.
5. Komplikasi campak: Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia, encephalitis, dan kebutaan.
6. Pencegahan campak: Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah campak. Vaksin campak aman dan efektif dalam mencegah penyakit ini.
7. Vaksinasi campak: Vaksin campak diberikan dalam dua dosis pada anak-anak di seluruh dunia. Vaksinasi juga disarankan untuk orang dewasa yang belum pernah divaksinasi atau tidak memiliki riwayat campak.
8. Efek samping vaksin campak: Efek samping vaksin campak ringan dan jarang terjadi. Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi atau demam ringan setelah divaksinasi.
9. Peran orang tua dalam mencegah campak: Orang tua harus memastikan anak-anak mereka menerima vaksin campak sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh dokter.
10. Peran masyarakat dalam mencegah campak: Masyarakat harus memahami pentingnya vaksinasi dan berpartisipasi dalam program vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah atau fasilitas kesehatan setempat.


No comments:

Post a Comment