Tuesday, July 3, 2018

Hari #5 Ramadhan 1439 FOKUS


Brandon Tartikoff seorang presiden NBC bidang Hiburan divonis menderita kanker Colorectal. Ia pun harus menjalani terapi setiap hari Jumat selama satu tahun. Brandon pun harus menahan efek samping akibat terapi tersebut sepanjang akhir pekan.

Ditengah perawatan penyakitnya Brandon tetap melakukan pekerjaannya sebagai Presiden NBC. Apakah kinerjanya menurun ? Justru sebaliknya, Brandon ternyata dapat menorehkan hasil cemerlang, NBC naik peringkat dari yang terburuk menjadi yang terbaik. Dalam otobiografinya ia menulis "Kanker membantu anda melihat segalanya lebih jelas. Penyakit ini, ternyata malah dapat membantu anda bekerja lebih baik, dan alasannya sederhana, tak ada yang seperti kanker yang membuat Anda terFOKUS pada apa yang benar-benar penting"


Hidup ini singkat, kita tidak tau kapan dipanggil, jika kelak manusia ditanya diakhirat seberapa lama hidup di dunia maka jawab nya adalah hanya sebentar saja,

كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا

Pada hari ketika mereka melihat hari Kiamat itu (karena suasananya hebat), mereka merasa seakan-akan hanya (sebentar saja) tinggal (di dunia) pada waktu sore atau pagi hari. (QS.An-Nazi'at, Ayat 46)

Lalu apa FOKUS kita dalam waktu yang singkat ini ?

Utsman Bin Affan radhiyallau' anhu berkata pada salah satu khutbah yang beliau sampaikan di akhir hayatnya:

إن الله إنما أعطاكم الدنيا لتطلبوا بها الآخرة ، ولم يعطكموها لتركنوا إليها ، إن الدنيا تفنى ، وإن الآخرة تبقى

"Sesungguhnya Allah memberikan dunia kepada kalian itu agar kalian mencari akhirat dengannya, dan tidaklah Allah memberikannya kepada kalian agar kalian condong kepadanya. Sesungguhnya dunia itu akan binasa sementara akhirat itu abadi.

لا تبطرنكم الفانية ، ولا تشغلنكم عن الباقية, وآثروا ما يبقى على ما يفنى ؛ فإن الدنيا منقطعة ، وإن المصير إلى الله

Janganlah dunia yang fana ini menjadikan kalian sombong, dan jangan pula menyibukkan kalian dari yang abadi (akhirat).


Dan pilihlah oleh kalian yang abadi daripada yang fana! Karena dunia ini akan putus dan sesungguhnya tempat kembalinya adalah kepada Allah.

[Al-Bidayah wa An-Nihayah 7/241]


No comments:

Post a Comment