Thursday, April 23, 2020

Hari #1 Ramadhan 1441 H HIBURAN

Pandemi COVID 19 tidak hanya mengancam kesehatan fisik, akan tetapi juga kesehatan mental. Masalah mental ini muncul  karena ketakutan terkait ancaman permasalah ekonomi dan sosial. Terbukti, beberapa perusahaan terpaksa merumahkan karyawan mereka, Kementrian Tenaga Kerja  mencatat 2 juta karyawan telah di-PHK akibat wabah COVID 19 ini. Kondisi ini merupakan ujian berat untuk kita semua.

Ditengah carut-marutnya kondisi kejiwaan dan ekonomi karena wabah ini, Allah SWT menghadirkan bulan Ramadhan kepada kita. Alhamdulillah, doa kita dikabulkan oleh Allah SWT untuk dapat dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini. Kaum muslim tentu bersuka cita  menyambut bulan penuh ampunan ini karena Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan ingin mendapatkan pahala, maka diampuni semua dosanya yang telah lewat.” [HR. Bukhari dan Muslim]


Ampunan dosa merupakan perkara yang sangat membahagiakan bagi kita umat Islam. Setiap hari pasti ada dosa yang kita lakukan,baik kecil ataupun besar. Terkadang kita lupa untuk bertaubat, atau telah bertaubat tapi mengulangi dosa itu lagi.

Ramadhan pun menguatkan kesabaran kita dalam menghadapi wabah ini. Bila bersabar diluar bulan Ramadhan sudah memiliki nilai yang tinggi, apalagi bila kita bersabar pada bulan mulia ini. Allah SWT berfirman :

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al-Baqarah 155)
Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah : 157)

Sungguh orang-orang yang sabar itu diberi pahala tanpa batas (QS Az-Zumar: 10).

Artinya, karena begitu besarnya, pahala mereka tidak lagi ditakar, ditimbang dan dihitung (Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, 10/459).


Saudaraku, Allah SWT telah menetapkan wabah ini kepada kita semua, maka terimalah dengan keridhoan. Dia pun telah menetapkan kewajiban supaya kita berupaya keras untuk menghadapi wabah ini. Ramadhan pun hadir dengan paket pelipatgandaan pahala  dan ampunan dosa. Maka Ramadhan ini adalah Ramadhan istimewa, HIBURAN yang diberikan Allah SWT kepada umat Islam.

Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik. (QS. Ar-Ra’du : 29)

Saudara mu Ilman Abu Inqiyad

No comments:

Post a Comment