Tuesday, July 3, 2018

Hari #7 Ramadhan 1439 SUCCES STORY


Sudah satu tahun lama nya budak itu menunggu nasehat Hasan Al-Bashri. Bukan nasehat untuk nya tapi pada pada para pemilik budak. Permintaan setahun yang lalu belum juga dikabulkan oleh sang Imam. Gusar dan putus asa.

Hingga tepat satu tahun dimana harapannya sudah hilang, disuatu majelis ilmu akhirnya Sang Imam menjelaskan kepada para hadirin tentang keutamaan membebaskan budak.

Di akhir majelis sang budak bertanya, "Imam, mengapa setahun yg lalu aku sudah memintau engkau bicara tetapi baru tahun ini engkau menyampaikannya?"



Imam Al Hasan Al Bashri menjawab: "Tahun lalu aku belum punya uang. Tahun ini aku dikarunia rizki hingga aku bisa membeli budak dan membebaskannya. Baru aku bicara."

Anda tau apa hasilnya?

Tak ada satu pun tuan di masjid itu kecuali membebaskan budaknya. Subhanallah.

Manusia terkadang memerlukan SUCCES STORY, sebuah pembuktian empirik, contoh pengorbanan agar ia mau berkorban, contoh keberanian agar ia berani.

Keteladanan adalah warisan kenabian. Perkataan, perbuatan dan diamnya Rasulullah adalah contoh terbaik bagi umat. Keteladanan adalah magnet kuat untuk menarik manusia kejalan hidayah. Al-Quran telah banyak menceritakan keteladanan para Nabi, Rasul dan Shalihin. Bisa jadi kita yanh "kurang piknik" untuk membaca ayat-ayat SUCCES STORY sehingga kurang termotivasi untuk membuat kebaikan .

Maka renungkanlah firman Allah SWT berikut ini :

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ ۚ وَجَاءَكَ فِي هَٰذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

"Dan semua kisah rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu (Muhammad), agar dengan kisah itu Kami teguhkan hatimu; dan di dalamnya telah diberikan kepadamu (segala) kebenaran, nasihat dan peringatan bagi orang yang beriman." (QS. Hud, ayat 120)



No comments:

Post a Comment