Sunday, August 21, 2016

DOSA BESAR

Dosa besar (الكبائر) adalah semua larangan Allâh SWT dan Rasul-Nya yang tercantum dalam Al-Quran dan As-Sunnah, serta atsar dari parah salafus shalih. 

Allah Swt telah menjanjikan bila kita meninggalkan dosa - dosa besar maka Allâh akan menghapus dosa-dosa kecil yang pernah dilakukan. Allah berfirman :

إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS. An-Nisa : 31)


Dari Anas bin Malik mengatakan, "Kami belum pernah melihat hal yang semisal dengan apa yang disampaikan kepada kami dari Tuhan kami, kemudian kami rela keluar meninggalkan semua keluarga dan harta benda, yaitu diberikan pengampunan bagi kami atas semua dosa selain dosa-dosa besar." Allah Swt. telah berfirman:Jika kalian menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kalian mengerjakannya, niscaya Kami hapuskan kesalahan-kesalahan kalian (dosa-dosa kalian yang kecil). (An-Nisa: 31), hingga akhir ayat.

Apa saja yang termasuk dosa-dosa besar? Rasulullah bersabda :

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ
"Jauhilah tujuh dosa besar yang membinasakan." Para sahabat bertanya; 'Ya Rasulullah, apa saja tujuh dosa besar yang membinasakan itu? ' Nabi menjawab; "menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan tanpa alasan yang benar, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari medan perang, dan menuduh wanita mukmin baik-baik melakukan perzinahan." (HR. Bukhari) 

Ibnu Abbas berkata, "Kabair itu jumlahnya lebih dekat pada tujuh puluh, dibanding tujuh" 

Imam Adz-Dzahabi menjelaskan, "siapa pun yang melakukan perbuatan dosa yang memiliki had di dunia seperti membunuh, berzina, mencuri, atau dosa-dosa yang pelakunya mendapat ancaman, kemurkaan dan laknat dari Nabi Muhammad Saw di akhirat maka itu termasuk Kabair (dosa besar). 

Imam Adz-Dzahabi telah merinci 70 dosa-dosa besar dalam karya beliau yang berjudul AL-KABAIR. Semoga Allah memberikan kekuatan pada saya untuk menyajikan pada pembaca sekalian. 

Saudara mu Ilman Silanas


No comments:

Post a Comment