Tuesday, July 19, 2016

KATEGORI OBAT UNTUK KEHAMILAN

Oleh : Ilman Silanas, Apt.,M. Kes (Apoteker RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung)

Wanita dalam kondisi hamil perlu memperhatikan obat-obat yang dikonsumsi. Wanita hamil atau keluarga terdekat perlu mengetahui kategori obat untuk kehamilan. Klasifikasi obat pada kehamilan ini dikelompokkan  berdasarkan  risiko obat pada perkembangan janin dan kelanjutan kehamilan.

Setiap orang dapat mengetahui kategori obat untuk kehamilan dengan melihat pada brosur obat atau buku informasi spesialite obat seperti MIMS atau ISO, dapat juga mengakses situs Internet seperti mims.com atau drugs.com.

Berikut kategori obat untuk kehamilan dan penjelasannya yang dikeluarkan oleh FDA (Food and Drugs Administration) Amerika Serikat.


A : Dapat digunakan. Penelitian terkontrol pada wanita hamil menunjukan tidak ada risiko terhadap janin.

B : Mungkin dapat diterima. Penelitian  pada hewan tidak menunjukkan risiko tapi tidak ada penelitian pada manusia atau penelitian pada hewan menunjukkan risiko minor dan terdapat penelitian pada manusia menunjukkan tidak ada risiko.

C : Gunakan secara berhati-hati. Jika keuntungan penggunaan dipertimbangkan  lebih besar dibanding risiko. Penelitian terhadap hewan menunjukan risiko dan tidak ada penelitian pada manusia atau tidak ada satupun penelitian  pada hewan dan manusia.

D : Hanya digunakan pada kondisi gawat darurat yang mengancam nyawa jika tidak ada obat lain yang lebih aman. Penelitian pada manusia menunjukan bukti positif  risiko pada janin.

X : tidak boleh digunakan untuk kehamilan. Risiko lebih besar dibanding keuntungan. Tersedia alternatif yang lebih aman.

NA : Tidak terdapat informasi

Obat yang paling aman untuk wanita hamil adalah kategori A. Untuk kategori yang lain perlu pertimbangan dokter. Untuk kategori B, C perlu dipertimbangkan keuntungan dan risiko, bila keuntungan pemberian lebih besar dibanding risiko maka obat dapat dipertimbangkan diberikan, bila sebaliknya tidak perlu diberikan.

Obat kategori D tetap diperlukan untuk  menyelamatkan nyawa dalam kondisi gawat darurat. Adapun obat dengan kategori X tidak boleh diberikan dalam kondisi apa pun pada wanita hamil karena ada obat alternatif yang lebih aman.

Obat terkategori NA merupakan obat-obat yang tidak memiliki informasi keamanan yang dapat dijadikan pertimbangan pemberian pada wanita hamil. Hal ini karena tidak ada penelitian yang terkontrol pada hewan atau manusia, atau belum diketahui alternatif yang lebih aman.

1 comment:

  1. Nice blog.. Thank you for sharing with us.
    click here: https://www.dosepharmacy.com

    ReplyDelete